Selasa, 28 Oktober 2014

MAKALAH STUDI KELAYAKAN BISNIS Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini


MAKALAH
STUDI KELAYAKAN BISNIS
“Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvq-jFKwFN4PwwHtxMDDbYQdpdDYODq9_CfwRdV9IZs_wNHKG7csmU2hcF1yn7OA_dAP4Y6pqCzP_uFcEVkcyIKiZcfc_Xhdz__yTQ8UPf4aeJUXsBoD2VR_Q9wcUDasZfmxaHCFCwVFNN/s1600/pendaftaran.JPG
 






Disusun Oleh
Nama       : Faroidatun Nisa
Jurusan    :  KA 5
NIM          : 1422510134

   SEMESTER 1
TAHUN AJARAN 2014/2015
KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya, saya mendapat kelancaran dalam menyelesaikan makalah mata kuliah Kewirausahaan mengenai studi kelayakan bisnis. Dalam penyusunan makalah ini, tentunya tidak lepas dari peran berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan, dan bimbingan kepada saya. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak/Ibu Dosen pengajar mata kuliah Kewirausahaan AKAN Bojonegoro
2.      Orang tua yang telah memberikan dukungan dan bantuan kepada saya sehingga makalah ini dapat terselesaikan
3.      Teman-teman yang telah membantu dan memberikan dorongan semangat agar masalah ini dapat saya selesaikan
Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang membalas baik budi kepada pihak-pihak yang saya sebutkan diatas. Saya pun juga menyadari jika makalah yang telah saya susun masih memiliki banyak kekurangan. Untuk itu saya berharap kepada pembaca agar dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan penulisan mendatang. Dan saya mohon maaf jika terdapat hal-hal yang dianggap tidak berkenan di hati para pembaca.


Bojonegoro, Oktober 2014

Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Sebagai negara kepulauan yang sebagian besar terdiri dari perairan dengan potensi sumber daya yang jenis maupun jumlahnya cukup besar, kegiatan perikanan mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai obyek mina wisata di Indonesia. Secara garis besar kegiatan perikanan dibagi menjadi kegiatan penangkapan dan kegiatan budidaya, dari kegiatan tersebut merupakan potensi yang dapat dikembangkan menjadi obyek wisata seperti budidaya ikan air tawar, budidaya air payau (tambak), budidaya air laut (kerang, rumput laut, kakap merah, dan mutiara). Salah satu objek wisata di bidang perikanan yang menarik adalah kolam pancing.
Bisnis pancing kolam ikan sekarang telah menjadi tren bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghoby memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya.  Dengan memancing di kolam pancing, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.
Jika pembaca bisa melihat peluang dan prospeknya, bisnis kolam pancing bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Pengelolaan bisnis kolam pancing ini relatif cukup mudah dan persaingannya tidak terlalu ramai. Kolam pancing banyak sekali penggemarnya mulai saja dari penggemar mancing, keluarga yang butuh rekreasi, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya.
Di samping itu, agar keuntungan yang didapat adalah semaksimal mungkin, di sepembacar area kolam pancing akan lebih cocok jika diperlengkap dengan rumah makan. Mungkin hanya sekadar untuk meluangkan waktu santai sambil minum kopi, teh, atau es dan juga makan makanan ringan. Bisa juga ngobrol kecil dengan keluarga atau teman baru. Saya pikir akan terasa lebih pas. Antara “Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini” juga bisa diartikan sebagai simbios mutualisme.
Tak jarang jika perkembangan rumah makan tersebut mengalami prospek peningkatan yang signifikan, menu makanan yang disajikan juga bisa ditambah, misalnya hasil ikan tangkapan bisa juga dimasak secara langsung di sana dan juga bisa disantap di sana.
                                              
2.       Tujuan Pembahasan
Adapun tujuan studi kelayakan ini adalah sebagai berikut :
·         Untuk mengetahui kondisi usaha dan dampak yang ditimbulkan yang mungkin terjadi dari didirikannya kolam pancing dan rumah makan.
·         Untuk mengetahui apakah studi kelayakan kolam pancing dan rumah makan ini layak atau tidak untuk didirikan.











BAB II
PEMBAHASAN

1.             Aspek Teknis dan Operasi
1.1  Rencana Pembangunan
a)             Evaluasi Lokasi
Lokasi yang digunakan sebagai “Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini” terletak dijalan Panglima Polim Gg. Sawahan. Tempat ini sudah terkenal dengan tambaknya. Maka tak jarang jika di sepembacar perkampungan daerah ini, ada beberapa tambak kosong yang notabennya pemilik tambak sekarang berada di luar Jawa. Tinggal mengkondisikan agar tambaknya tidak nganggur sia-sia.
b)             Sarana dan Prasarana
Nantinya kolam pancing ini akan diperlengkap dengan fasilitas rumah makan mini free wifi area.
c)             Tenaga Ahli
Karena pengambilan tempat bisnis ini terletak di sepembacar perkampungan, makan tenaga kerja dan tenaga ahli bisa langsung didapat dari warga sepembacar.
d)        Bahan utama
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan mina wisata kolam pemancingan dan rumah makan ini adalah berbagai jenis ikan dengan kualitas baik dan segar yang bisa dipancing dan langsung dimasak.

2.             Aspek Ekonomi dan Sosial
Bisnis ini akan berdampak pada masyarakat sepembacar diantaranya sebagai berikut :
·         Meningkatnya pendapatan daerah tersebut
·         Mengurangi pengangguran




3.             Aspek Yuridis
a)        Nama Unit Usaha
Unit usaha ini diberi nama Mina “Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini”  dikarenakan bergerak dalam usaha jasa pemancingan ikan dan rumah makan dengan kualitas ikan baik dan segar yang berasal dari hasil pemancingan sendiri secara langsung melalui pemasok ikan yang memiliki kualitas ikan yang baik.
b)        Legalitas Usaha
Dari segi legalitas usaha, bisnis ini termasuk bisnis perusahaan perorangan yaitu jenis usaha yang dikelola dan diawasi oleh seseorang.

4.             Aspek Pasar
a)      Segmentating, Targeting dan Positioning
*      Segmentating : Yang menjadi segmen dari usaha mina wisata kolam pemancingan ikan dan rumah makan ini yaitu segmen menengah ke atas.
*      Targeting : Yang menjadi target market adalah pehobi memancing baik perorangan, keluarga, atau anak-anak muda.
*      Positioning : Kami ingin menciptakan image konsumen atau masyarakat sebagai “Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini” terlengkap, nyaman, menjual ikan berkualitas dan segar dengan harga yang pas.
b)      Permintaan
Dilihat dari kacamata masyarakat, kini peminat/pemancing mania semakin meningkat. Jadi tidak usah diragukan lagi jikalau bisnis ini nantinya juga akan berkembang pesat.
c)      Penawaran
Memang sudah tak sedikit bisnis kolam pancing beredar di masyarakat luas. Namun, juga tak banyak pebisnis yang melengkapi dengan area rumah makan. Dari situ, saya mengubah mindset tidak ada salahnya pembaca menawarkan rumah makan yang ditunjang dengan free wifi area.
d)      Program Pemasaran
                                       i.            Tingkat Pelayanan
Dalam melayani konsumen, saya akan memberikan fasilitas sebaik mungkin. Untuk kolam pancing ada beberapa pilihan diantaranya :
*      Kolam pancing harian : tempat khusus yang disediakan untuk memancing. Sistemnya bayar dulu, setelah itu dapat atau tidak dapat ikan hanya membayar tarif memancing harian.
*      Kolam pancing lomba : yaitu pemancingan yang dikhususkan untuk para pemancing yang mencoba ketangguhannya dengan pengetahuan dan pengalaman terhadap pemancing lain tanpa mengurangi keakraban sesamanya.
                                     ii.            Penetapan harga
Dalam penetapan harga, agar tidak terjadi tumpang tindih, saya juga akan membuat aturan pancing-memancing yaitu :
*        Kolam pancing harian : pemancing yang nantinya akan berburu ikan, akan dikenakan tarif harian 5.000 per orang/per 1 alat pancing. Nantinya ikan yang diperoleh akan ditimbang lagi dengan petugas yang bersangkutan.
*         Kolam pancing lomba : tarif lomba akan dikenakan biaya 50.000 per orang/ alat pancing. Selanjutnya mengenai hadiah dan ikan yang didapat akan diurus dengan petugas yang bersangkutan.

5.      Aspek Finansial
a)      Kebutuhan Dana Investasi
i.               Biaya Pra Operasi (pembelian kolam,renovasi kolam dan pendirian rumah makan) mencapai 75.000.000
ii.             Modal kerja mencapai 25.000.000
Jadi total seluruhnya mencapai 100.000.000










BAB III
PENUTUP

1.                  Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas, apabila pembaca hendak memulai suatu bisnis sebaiknya diadakan dulu studi kelayakan. Karena, dari situlah pembaca akan mengetahui kelayakan-kelayakan bisnis yang nantinya akan dikembangkan. Apakah bisnis tersebut membawa keuntungan atau malah sebaliknya. Jadi tidak ada salahnya untuk menganalisis apa saja yang akan dibutuhkan oleh bisnis yang akan dikembangkan.
Langkah awal yang dapat diambil yaitu, peluang apa yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Pembaca harus pandai-pandai mencari referensi bisnis-bisnis yang dengan modal seberapa namun bisa meraih keuntungan yang luar biasa.
Setelah itu mulailah untuk memikirkan aspek-aspek yang terdapat dalam studi kelayakan. Mulai dari aspek teknis dan operasi, aspek ekonomi dan sosial, aspek yuridis, aspek pasar, aspek finansial, bahkan mungkin bisa ditambah dengan aspek lainnya yang berkaitan dengan bisnis yang pembaca akan dirikan.
Jika semuanya sudah dirancang dan dipersiapkan dengan sedemikian rupa, optimislah bahwa bisnis yang akan didirikan akan membawa berkah.


2.                  Saran
Demikian makalah yang dapat saya sajikan. Saya menyadari bahwa dalam menyelesaikan pembuatan makalah ini kurang sempurna. Untuk itu saya mohon kiritik dan saran pembaca agar saya dapat membenahi makalah selanjutnya. Jika terdapat kekeliruan dan kekurangan dihati para pembaca saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.




DAFTAR PUSTAKA

·               www.kiat-sukses-bisnis-kolam-pemancingan.html
·               www.studi-kelayakan-usaha_21.html


2 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan TERMOMETER RAKSA untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan TERMOMETER RAKSA untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus

#QUOTESOFME (PART 2)

Silahkan disimpan bila Anda mau. Boleh juga dijadikan caption di instagram Anda. Untuk lockscreen hp juga bisa. Syaratnya satu, jangan ab...