MAKALAH
STUDI
KELAYAKAN BISNIS
“Kolam
Pancing dan Rumah Makan Masa Kini”
Disusun Oleh
Nama : Faroidatun
Nisa
Jurusan : KA 5
NIM : 1422510134
SEMESTER 1
TAHUN AJARAN 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Berkat limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, saya mendapat kelancaran dalam menyelesaikan makalah mata kuliah Kewirausahaan
mengenai studi kelayakan bisnis. Dalam penyusunan makalah ini, tentunya tidak
lepas dari peran berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan, dan
bimbingan kepada saya. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Bapak/Ibu Dosen pengajar mata kuliah Kewirausahaan
AKAN Bojonegoro
2.
Orang tua yang telah memberikan dukungan dan bantuan
kepada saya sehingga makalah ini dapat terselesaikan
3.
Teman-teman yang telah membantu dan memberikan
dorongan semangat agar masalah ini dapat saya selesaikan
Semoga
Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang membalas baik budi kepada pihak-pihak
yang saya sebutkan diatas. Saya pun juga menyadari jika makalah yang telah saya
susun masih memiliki banyak kekurangan. Untuk itu saya berharap kepada pembaca
agar dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan
penulisan mendatang. Dan saya mohon maaf jika terdapat hal-hal yang dianggap
tidak berkenan di hati para pembaca.
Bojonegoro,
Oktober 2014
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Sebagai negara kepulauan yang sebagian besar
terdiri dari perairan dengan potensi sumber daya yang jenis maupun jumlahnya
cukup besar, kegiatan perikanan mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan
sebagai obyek mina wisata di Indonesia. Secara garis besar kegiatan perikanan
dibagi menjadi kegiatan penangkapan dan kegiatan budidaya, dari kegiatan
tersebut merupakan potensi yang dapat dikembangkan menjadi obyek wisata seperti
budidaya ikan air tawar, budidaya air payau (tambak), budidaya air laut (kerang,
rumput laut, kakap merah, dan mutiara). Salah satu objek wisata di bidang
perikanan yang menarik adalah kolam pancing.
Bisnis pancing kolam ikan sekarang telah menjadi tren
bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghoby memancing, tapi sekarang
telah merambat untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing
dikolam siapa saja bisa melakukannya. Dengan memancing di kolam pancing,
setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian
khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam
keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing
dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.
Jika pembaca
bisa melihat peluang dan prospeknya, bisnis kolam pancing bisa menjadi bisnis
yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan.
Pengelolaan bisnis kolam pancing ini relatif cukup mudah dan persaingannya
tidak terlalu ramai. Kolam pancing banyak sekali penggemarnya mulai saja dari
penggemar mancing, keluarga yang butuh rekreasi, anak-anak muda, orang yang
senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya.
Di
samping itu, agar keuntungan yang didapat adalah semaksimal mungkin, di sepembacar
area kolam pancing akan lebih cocok jika diperlengkap dengan rumah makan.
Mungkin hanya sekadar untuk meluangkan waktu santai sambil minum kopi, teh,
atau es dan juga makan makanan ringan. Bisa juga ngobrol kecil dengan keluarga
atau teman baru. Saya pikir akan terasa lebih pas. Antara “Kolam Pancing dan
Rumah Makan Masa Kini” juga bisa diartikan sebagai simbios mutualisme.
Tak
jarang jika perkembangan rumah makan tersebut mengalami prospek peningkatan
yang signifikan, menu makanan yang disajikan juga bisa ditambah, misalnya hasil
ikan tangkapan bisa juga dimasak secara langsung di sana dan juga bisa disantap
di sana.
2. Tujuan Pembahasan
Adapun
tujuan studi kelayakan ini adalah sebagai berikut :
·
Untuk mengetahui kondisi
usaha dan dampak yang ditimbulkan yang mungkin terjadi dari didirikannya kolam
pancing dan rumah makan.
·
Untuk mengetahui apakah
studi kelayakan kolam pancing dan rumah makan ini layak atau tidak untuk didirikan.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Aspek Teknis dan Operasi
1.1 Rencana
Pembangunan
a)
Evaluasi Lokasi
Lokasi
yang digunakan sebagai “Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini” terletak
dijalan Panglima Polim Gg. Sawahan. Tempat ini sudah terkenal dengan tambaknya.
Maka tak jarang jika di sepembacar perkampungan daerah ini, ada beberapa tambak
kosong yang notabennya pemilik tambak sekarang berada di luar Jawa. Tinggal
mengkondisikan agar tambaknya tidak nganggur sia-sia.
b)
Sarana dan
Prasarana
Nantinya
kolam pancing ini akan diperlengkap dengan fasilitas rumah makan mini free wifi
area.
c)
Tenaga Ahli
Karena
pengambilan tempat bisnis ini terletak di sepembacar perkampungan, makan tenaga
kerja dan tenaga ahli bisa langsung didapat dari warga sepembacar.
d)
Bahan utama
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan
mina wisata kolam pemancingan dan rumah makan ini adalah berbagai jenis ikan
dengan kualitas baik dan segar yang bisa dipancing dan langsung dimasak.
2.
Aspek Ekonomi dan Sosial
Bisnis
ini akan berdampak pada masyarakat sepembacar diantaranya sebagai berikut :
·
Meningkatnya
pendapatan daerah tersebut
·
Mengurangi
pengangguran
3.
Aspek Yuridis
a)
Nama Unit Usaha
Unit usaha ini diberi nama Mina “Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini” dikarenakan bergerak dalam usaha jasa
pemancingan ikan dan rumah makan dengan kualitas ikan baik dan segar yang
berasal dari hasil pemancingan sendiri secara langsung melalui pemasok ikan
yang memiliki kualitas ikan yang baik.
b)
Legalitas Usaha
Dari
segi legalitas usaha, bisnis ini termasuk bisnis perusahaan perorangan yaitu
jenis usaha yang dikelola dan diawasi oleh seseorang.
4.
Aspek Pasar
a) Segmentating,
Targeting dan Positioning
Segmentating : Yang
menjadi segmen dari usaha mina wisata kolam pemancingan ikan dan rumah makan
ini yaitu segmen menengah ke atas.
Targeting : Yang menjadi target market adalah
pehobi memancing baik perorangan, keluarga, atau anak-anak muda.
Positioning : Kami ingin menciptakan image
konsumen atau masyarakat sebagai “Kolam Pancing dan Rumah Makan Masa Kini” terlengkap,
nyaman, menjual ikan berkualitas dan segar dengan harga yang pas.
b) Permintaan
Dilihat dari kacamata masyarakat,
kini peminat/pemancing mania semakin meningkat. Jadi tidak usah diragukan lagi
jikalau bisnis ini nantinya juga akan berkembang pesat.
c) Penawaran
Memang sudah tak sedikit bisnis kolam
pancing beredar di masyarakat luas. Namun, juga tak banyak pebisnis yang
melengkapi dengan area rumah makan. Dari situ, saya mengubah mindset tidak ada
salahnya pembaca menawarkan rumah makan yang ditunjang dengan free wifi area.
d) Program Pemasaran
i.
Tingkat Pelayanan
Dalam
melayani konsumen, saya akan memberikan fasilitas sebaik mungkin. Untuk kolam
pancing ada beberapa pilihan diantaranya :
Kolam pancing
harian : tempat khusus yang disediakan untuk memancing. Sistemnya bayar
dulu, setelah itu dapat atau tidak dapat ikan hanya membayar tarif memancing
harian.
Kolam pancing lomba : yaitu pemancingan yang
dikhususkan untuk para pemancing yang mencoba ketangguhannya dengan pengetahuan
dan pengalaman terhadap pemancing lain tanpa mengurangi keakraban sesamanya.
ii.
Penetapan harga
Dalam
penetapan harga, agar tidak terjadi tumpang tindih, saya juga akan membuat
aturan pancing-memancing yaitu :
Kolam pancing
harian : pemancing yang nantinya akan berburu ikan, akan dikenakan tarif harian
5.000 per orang/per 1 alat pancing. Nantinya ikan yang diperoleh akan ditimbang
lagi dengan petugas yang bersangkutan.
Kolam pancing lomba : tarif lomba akan dikenakan biaya 50.000
per orang/ alat pancing. Selanjutnya mengenai hadiah dan ikan yang didapat akan
diurus dengan petugas yang bersangkutan.
5.
Aspek Finansial
a) Kebutuhan Dana Investasi
i.
Biaya
Pra Operasi (pembelian kolam,renovasi kolam dan pendirian rumah makan) mencapai
75.000.000
ii.
Modal
kerja mencapai 25.000.000
Jadi total seluruhnya mencapai 100.000.000
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas, apabila
pembaca hendak memulai suatu bisnis sebaiknya diadakan dulu studi kelayakan.
Karena, dari situlah pembaca akan mengetahui kelayakan-kelayakan bisnis yang
nantinya akan dikembangkan. Apakah bisnis tersebut membawa keuntungan atau
malah sebaliknya. Jadi tidak ada salahnya untuk menganalisis apa saja yang akan
dibutuhkan oleh bisnis yang akan dikembangkan.
Langkah awal yang dapat diambil yaitu,
peluang apa yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Pembaca harus
pandai-pandai mencari referensi bisnis-bisnis yang dengan modal seberapa namun
bisa meraih keuntungan yang luar biasa.
Setelah itu mulailah untuk memikirkan
aspek-aspek yang terdapat dalam studi kelayakan. Mulai dari aspek teknis dan
operasi, aspek ekonomi dan sosial, aspek yuridis, aspek pasar, aspek finansial,
bahkan mungkin bisa ditambah dengan aspek lainnya yang berkaitan dengan bisnis
yang pembaca akan dirikan.
Jika semuanya sudah dirancang dan
dipersiapkan dengan sedemikian rupa, optimislah bahwa bisnis yang akan
didirikan akan membawa berkah.
2.
Saran
Demikian makalah yang dapat saya
sajikan. Saya menyadari bahwa dalam menyelesaikan pembuatan makalah ini kurang
sempurna. Untuk itu saya mohon kiritik dan saran pembaca agar saya dapat
membenahi makalah selanjutnya. Jika terdapat kekeliruan dan kekurangan dihati
para pembaca saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
DAFTAR PUSTAKA
PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO
BalasHapusmenyediakan TERMOMETER RAKSA untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro
PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO
BalasHapusmenyediakan TERMOMETER RAKSA untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro