Assalamu’alaikum..
Tiga bulan sangatlah cepat
berlalu. Tidak ada habisnya cobaan demi cobaan datang menghampiriku.
Entah apa yang direncanakan oleh
Sang Maha Kuasa, didalam semua cobaan itu alhamdulillah ada jalan keluar yang
bisa membuat hatiku menjadi lega.
Kali ini cobaan datang dari AXA MANDIRI. Layanan asuransi nasabah
mandiri se-Indonesia.
Pada Jum’at, 17 Maret 2017 tepat
pukul 17.00 WIB saya yang saat itu masih berada di kantor namun sudah memasuki
jam selesai ngantor, tiba-tiba telepon kantor di meja saya berdering. Awalnya saya
juga sempat merasa ada yang aneh, sebab tidak biasanya sudah lewat jam kantor
telepon khusus untuk kantor berdering. Setelah saya angkat, ternyata pihak
penelepon adalah CS dari AXA MANIDRI. Jujur, saya agak kurang paham pihak
tersebut berasal dari axa mandiri pusat atau dari kantor cabang wilayah
tertentu. Yang jelas, anehnya, CS tersebut
seketika langsung menyebutkan nama terang saya dengan jelas, padahal posisinya CS
tersebut mnelepon dengan telepon kantor. Saya kira hal tersebut agak aneh saja,
namun saya tidak mengambil pusing dari mana CS tersebut tau bahwa yang
mengangkat telepon itu langsung dengan saya pribadi.
Terlepas dari hal tersebut, si CS
dengan lancranya membolak balikkan kata sehingga saya merasa bahwa pihak
tersebut benar-benar dari lembaga resmi yang mewajibkan seluruh nasabah Mandiri
se-Indonesia wajib mengikuti asuransi axa. Karena saya memang tidak tahu
apa-apa sebelumnya, saya lantas mengiyakan semua pertanyaan yang diajukan oleh
si SC.
Mulai dari nama lengkap, tanggal
lahir, alamat lengkap, nama email, sampai saya disuruh mengucapkan kalimat “Saya,
Setuju” entah sampai berapa kali dan sampai saat itu juga saya masih belum
sadar bahwa secara tidak langsung saya sudah terkena hipnotis oleh si CS. Sampai
dengan ditanya siapa nama wali yang nantinya akan menerima polis asuransi saya
sebagai ganti jika suatu saat nanti ada hal yang tidak diinginkan datang
terjadi, sayapun menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan jujur dan santai
ibarat yaa itu memang wajib sebagai nasabah mandiri. Karena, notabennya saya
saat itu juga baru berjalan 3 bulan menjadi nasabah mandiri, ya saya kira hal
itu sewaktu-waktu memang akan terjadi juga dengan nasabah-nasabah mandiri lain
yang baru, bukan saya saja.
Kira-kira percakapan telepon saya
dengan si CS berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Dan pada akhirnya di
ending telepon saya mendapati sebuah kalimat “iyaa, ibu.. sekarang ibu sudah resmi bergabung dengan axa mandiri,
nomor polis akan ibu ketahui setalah 14 hari kerja dimulai hari ini ya bu..”
***
Setelah semua percakapan tersebut
selesai, saya baru sadar bahwa saya telah masuk ke dalam perangkap si CS. Kemudian
saya mecari artikel-artikel tentang seluk beluk axa mandiri. Ibarat 8 dari 10
artikel berkata bahwa axa mandiri penipu,
axa mandiri diam-diam menguras saldo debit dan kredit anda, bla bla bla
masih banyak banyak lagi artikel miring yang mengejudge negatif axa mandiri.
Waktu menunjukkan pukul 18.00 WIB
saya masih saja kepo dan menelusuri artikel-artikel lain tentang bagaimana cara
supaya saya bisa membatalkan asuransi tersebut, dan disamping itu pula saya juga
mencari CP axa mandiri yang bisa dihubungi. Dan nomornya adalah 021-57977888. Setelah saya mendapat CP axa
mandiri, lalu saya telepon, ternyata nada sambung berkata bahwa “silahkan mengubungi kami lagi pada jam
kerja senin-jum’at pukul 08.00-17.00”. seketika badan saya lemas,
terbayang-bayang harus menunggu 2 hari lagi untuk bisa mengkonfirmasi
pembatalan asuransi axa mandiri.
Memang saat itu saldo di rekening
saya tidak banyak. Namun, kedepannya jika saya sudah aktif bergabung dengan axa
mandiri, setelah mendapatkan nomor polis, per bulan pasti akan terpotong kan
saldo saya. Kita pun juga tidak akan pernah tau dibulan-bulan berikutnya apakah
nominal yang menjadi rujukan potongan sejak awal akan bernilai tetap atau
mungkin bisa berubah sesuai dengan yang tidak bisa kita prediksikan.
Untuk itu, sebelum semua hal yang
tidak saya inginkan terjadi pada saya, saya akan berusaha keras untuk
mencagahnya.
Senin, 10 Maret 2017 tepat hari
dimana jam kerja efektif dimulai, pukul 12.25 saya menelepon axa mandiri lagi. Saya
berhasil terhubung dengan CS ramah mengangkat teleponnya. Lalu saya ditanyai,
nama lengkap saya untuk pengecekan data saya yang kemarin sudah terdaftar. Setelah
itu saya menyebutkan tanggal lahir dan nomor telepon yang masih aktif. Setelah saya
mengucapkan ingin membatalkan asuransi saya, pihak CS Berkata, “Mohon maaf, dikarenakan telepon anda
putus-putus jadi kami tidak bisa mendengar dengan jelas kata-kata yang anda
ucapkan, untuk itu kami akan menuup teleponnya. Terima kasih”. Maksutnya apa
coba? Padahal saya mendengar jelas suara si CS tapi kenapa malah sebaliknya? saya
tidak mau mengurusi masalah yang ini berlarut-larut, saya tidak ingin lebih
suudzon lagi, untuk itu saya mencoba untuk melepon sekali lagi. Alhasil, saya
berbicara langsung dengan CS bernama OKTA, dengan ramah seperti CS pada
umumnya, kembali saya ditanyai nama lengkap, TTL, Alamat rumah, dan saat saya
kembali mengatakan pemabatalan asuransi, kali ini tidak sia-sia saya mencoba
yang kedua kalinya. Tanpa memperpanjang waktu, setelah si CS menanyai
pertanyaan tadi, proses pembatalan dengan mudah dan cepat bisa terselaikan. Mungkin
juga karena saya belum menjadi anggota axa mandiri insurance yang aktif,
pemrosesan begitu cepat, saya tidak tahu.
Yang jelas, kesimpulannya, jika anda mendapati hal seperti yang saya alami,
terlebih untuk anda yang merupakan nasabah baru mandiri, janganlah khawatir
karena proses pembatalan begitu cepat diproses sebelum masa 14hari setalah anda
menerima telepon itu berlangsung. Saya tidak tahu jika masanya melebihi 14hari dari
yang dipastikan. Poin pentingnya yaitu, langsung saja anda hubungi CP yang
sudah saat cantumkan diatas. Insya Allah mudah-mudahan peroses pembatalan bisa
segera diatasi.
Terima kasih.
Wasalamu’aikum..
Saya juga mengalami hal demikian, pada tanggal 8 Mei 2017, persis seperti yang anda alami. Nasabah di giring terus supaya setuju dengan programnya. Memang saya nasabah lama di bank mandiri, saya juga ikut program tabungan berjangka yang tiap bulan di autodebet.
BalasHapusSaat itu saya sempat menanyakan apakah pendebetan asuransi tersebut dilakukan setelah pendebetan program pertama tabungan berjangka, jawabnya "ya pak pendebetan nanti dilakukan setelah pendebetan program pertama". CSnya juga menjelaskan kalau pendebetan asuransi itu gagal karena saldo tidak mencukupi selama 3 bulan atau 3 kali pendebetan otomatis program asuransi dinonaktifkan/cancel.
Pikir saya saldo saya aman sampai tanggal autodebet tabungan berjangka lagi pula saldo saya selalu pas dengan nominal tabungan berjangka. Jadi saya tidak terlalu khawatir dan niatnya biar program asuransi tersebut dicancel otomatis.
Tapi pada tanggal 12 mei 2017, saya mendapatkan email dari axa yang isinya tentang asuransi tersebut, tapi saya tidak begitu paham dengan isinya. Saya langsung curiga, kemudian saya langsung cek saldo via mbanking. Saldo saya ternyata berkurang. Ada 2 kali pendebetan, yang pertama pada tanggal 10 Mei 2017 sebesar Rp 254.000, yang kedua pada tanggal 11 Mei 2017 sebesar Rp 2.500. Alhasil saldo saya jadi tidak bisa di autodebet untuk tabungan berjangka.
Akan saya coba cara mbaknya untuk cancel asuransi tersebut. Memang tidak salah, punya asuransi, cuma kalau sudah punya asuransi, punya asuransi berlebih buat apa juga.
Untuk para nasabah bank, bank apapun. Berhati-hatilah dengan marketing bank. Jangan mudah tergoda dengan tawaran-tawaran program. Memang mungkin tidak bikin rugi karena pada umumnya semua bank di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pahamilah dan sesuaikan kepentingan/kebutuhan anda sebelum memilih program jasa keuangan.
Penjabaran dari komentar Anda sangatlah membantu. Terima kasih atas partisipasinya:)
BalasHapusSaya hari ini tepatnya buka rekening baru di cabang Bank mandiri terdekat terus ditawari axa mandiri ini. Asuransi pendidikan anak. Saya ya setuju asuransi tapi setelah baca artikel 2 seperti ini saya menjadi khawatir. Bisakah saya membatalkan premi? Rekening saya tadi sudah dipotong sebesar 350 ribu rupiah. Minta tolong penjelasannya. Terus apa saja syaratnya untuk mengajukan pembatalan. Terimakasih
BalasHapusSaya hari ini tepatnya buka rekening baru di cabang Bank mandiri terdekat terus ditawari axa mandiri ini. Asuransi pendidikan anak. Saya ya setuju asuransi tapi setelah baca artikel 2 seperti ini saya menjadi khawatir. Bisakah saya membatalkan premi? Rekening saya tadi sudah dipotong sebesar 350 ribu rupiah. Minta tolong penjelasannya. Terus apa saja syaratnya untuk mengajukan pembatalan. Terimakasih
BalasHapusDana yang sudah ketarik.
BalasHapusapakah balik masuk ke rekening secara utuh?
Masukkan komentar Anda...saya juga kemarin dapet telpon yang sama tanggal 7-9-17 pukul 15:00 terus saya menyetujui nya , setelah itu saya browsing tentang axa mandiri dan komentar nya negatif semua terus saya telpon ke CS nomernya sama kaya di atas pukul 16:00 di hari yang sama, apakah saldo saya masih sempet di autodebet gak yah?
BalasHapusAku mau nanya, ini kan pihak axa ngga aku kasih no rekening dulu, apa aku biarin gitu aja ya biar batal? Atau dibatalkan lewat call center nya?
BalasHapusWah,,,jangan jangan saya juga sudah kena hipnotis ,kejadiannya sama dengan keterangan di atas, siang tadi kira kira jam 14 wib, saya di hubungi cs dari axa finansial dengan durasi 30 menit dan pada akhirnya antara sadar dan tidak sadar saya setuju sesuai panduan cs axa, tapi setelah 15 menit kemudian saya jadi sadar berfikir apa benar axa financial ini atau penipuan...lalu bagaimana cara membatalkan asuransi axanya ya. Mohon pencerahan bapak / ibu sekalian.
BalasHapuskejadian hal serupa jga, barusan saya ditelp. ngakunya dri axa finance jga.. menawarkan asuransi kesehatan gratis, saya jga seperti dihipnotis... saya memberikan keterangan nama lengkap, TTL dan nama ibu kandung saya... tpi saya sendiri tdk ada buka rekening di mandiri sih... apa kah rekening selain mandiri bakalan ditarik jga yaa saudara?
BalasHapussaya juga mengalami hal serupa, curiga karena sampai 2 minggu kartu asuransi (atau apalah itu yg dia bilang) saya browsing mengenai hal ini, alhamdulillah sangat membantu hari ini saya telpon 021 57977888,sekali telpon langsung diangkat & asuransi dibatalkan gak sampai 5 menit prosesnya, makasi infonya gan
BalasHapusItu bisa membatalkan 100% kah? Gak kepotong bulan berikutnya serupiah pun?
BalasHapussaya baru saja mengalami hal yang sama, baru saaja mendapat telepon, dan alurnya sama smua seperti artikel ini, jadi yang harus saya lakukan hari ini harus saya batalkan juga yaaa. semoga dipermudah
BalasHapusSama, saya ke bank daftar mandiri online eh tiba2 di daftarin tabungan rencana dan di bujuk2in masuk axa, kata marketingnya bilang meski udah ke debet klo sblm 14 hari bisa di cancel dan uang bisa kembali, bnr gk ya?
BalasHapusGimana kak hasilnya?
HapusSama sy jg gtu.. selang 1 jam baru sadar n Äşgsung tlp k cs okta tp utk cancel tdk bisa lgsung hr menunggu 3 hari jam kerja
BalasHapusSaya juga mengalami hal yg sama... ke cs hnya untuk benerin internt banking.. dibujiki masuk axa... dan udh ikut program dengan pembyaran 1.315.000 per th selama 5 th... kemudian jam 18.00 dihari yg sama saya sadar... apakah bisa saya batalkan untjm dihari besok??
BalasHapusSaya juga jadi korban, cara ikut bergabungnya pun seperti dipaksa. Terimakasih pencerahannya
BalasHapusthks info. sya jga baru membatalkan ini kemarin senin. btw, sdikit info jika kita baru bilang setuju kemudian setelah tutup telfon, ibgat "tidak bisa langsung membatalkan". hrus nunggu 3 hari. nah stelah itu baru bsa di batalkan. telfon sekiranya pukul 9.30 atau jam 10. bisa juga jam 12 keatas saat jam kerja aktif.
BalasHapusSaya hari jumat tgl 9 nov 2018ditelf kalo saya dpt asuransi gratis dari mandiri dan dipaksa ikut dan harus bilang setuju. Selang 3 hari setelah ditelfon saldo dari rekening saya di debet otomatis.. apa bisa saya batalkan dan uang saya kembali? Mohon pencerahannya
BalasHapushari ini jam 11.57 rabu 12 desember 2019, sangat sedih serasa kecopetan.. 5 bulan yg lalu pihak axa nelpn saya, menawarkan asuransi posisi saya sedang sibuk bekerja, pihak axa bersih keras untuk menjelaskan tawaran asuransi dan akan mengirim brosur dan polis via pos ke alamat saya tinggal ..pihak axa terus bertanya apa anda setuju,, saya bilang untuk penawaran via brosur saya stuju tapi saya baca dulu, untuk minat atau tidak nya..ternyata brosur dan polis yg di janjikan tak kunjung datang sampai hari, dan ternyata uang saya di rekening telah di potong oleh axa selama 4x, saya, istri, anak saya sangat sedih serasa di copet, semoga rejeki saya yg axa makan jadi nanah di pembuluh darah mereka, 1 sen di belah 4 pun saya tidak ihklas,
BalasHapusyg lebih sedih nya saya ke mandiri centre jelas sangat bahwa uang yg masuk ke axa sudah hangus,
HapusSaya pun barusan di telpon dari asuransi axa mandiri, sekitar pukul 16.15 wib. Dari pihak axa menyebutkan nama saya dengan benar, katanya dapat dari email. Trus dia bilang apakah bpak stuju dengan asuransi ini di paksa bilang ya saya bilang setuju aja...
BalasHapusTrus dia nanya nama istri dan anak saya tgl lahir dan bla bla bla...
Setelah itu istri dan ibu saya marah nyuruh matikan aja hp nya " kau itu di hipnotis"....berkali-kali nomer itu nelpon gk aku angkat
Pertanyaannya apakah mereka tau nomer rekening saya, karena belum saya sebutkan.....dan apakah ini saya aman.
Saya barusan juga di telpon katanya dari bank mandiri, terus bapaknya menyebutkan nama saya dan alamat rumah dengan benar. waktu ditanya setuju dengan asuransi itu ya saya bilang setuju aja karna dia nyuruh bilang setuju jangan bilang iya. terus dia tanya tempat tanggal lahir tapi tidak aku jawab dan saya disuruh teman kerja matikan telponnya. selang beberapa detik nomer itu nelpon lagi dan gak aku angkat. apakah saya sudah aman dan tidak perlu melakukan pembatalan ke pihak CS?
BalasHapusSelamat Pak Pak Rian,
BalasHapusSaya Rini pemilik polis AXA Mandiri No. 512-******* atas nama **********
Jadi begini Pak, saya sudah membayar premi dengan debet otomatis tiap bulan tanggal 14 sebesar Rp 336.262,81 sejak tanggal 14 Februari 2012. dan masa kontrak adalah 10 Tahun.
Posisi tanggal 10 Januari 2019, saldo: Rp 19.919.366,02. Padahal jika dihitung secara manual, jumlah uang yang sudah saya setor selama 82 bulan adalah Rp. 27.573.484.
Artinya saya sudah merugi sebesar: Rp. 7.654.118,00
Pertanyaan saya:
1. Mengapa saya justru merugi? Bahkan modal aja ngga balik
2. Berapa saldo AXA Mandiri saya di tahun ke 10? (bulan ke-120)?
3. Saya ingin uang saya balik lagi minimal modalnya, bagaimana caranya?
Saya sudah lama menjadi nasabah Bank Mandiri dan tadi sekitar saya print out buku tabungan saya tiba2 cs menawari saya ikut Asuransi Juwa Axa Mandiri tanpa pikir panjsng saya nenyetujui dan lansung didebet Rp. 500.000 dari rek bank Mandiri saya, sampai dirumah saya baru sadar dan saya ingin membatalkan, tetapi terkendala hari ini Jumat, 15 pebruari 2019. Padahal di tabungan saya juga saya pakai untuk autodebet KPR dan saya. Dikarenakan waktu saya kembali ke Bsnk Mandiri sudah tutup disarankan satpam untuk kembali hari Senin. Mudah2an proses pembatalan asuransi saya lancar.
BalasHapusPermisi, gimana mbak/mas ? Apakah lancar membatalkan asuransinya di hari senin? Saya juga ingin membatalkan tapi belum tahu langsung ke bank Mandiri terdekat atau telepon call center axa saja
HapusSaya juga di tlp pihak axa,tp dh nlp ke pihak axa jakarta,katanya data itu blm masuk,apakah tetap kena autodebet bila di buku rekening saya ada saldonya???
BalasHapusSaya juga kena tipu daya dari Mandiri AXA, dipaksa utuk mengatakan "SETUJU". Dan saya katakan itu. Tidak taunya besok ada transaksi keluar sebesar Rp 138.050. Langsung saja saya telepon CS, katanya suruh nunggu 2 minggu baru dana bisa balik. Setelah menunggu 2 minggu saya telepon lagi, alhasil disuruh nunggu 7 hari lagi. Dan yang saya takuti, itu dana tidak kembali. Bulan kedepannya sudah terpotong lagi. Sedih rasanya, tertipu seperti ini
BalasHapusJadi balik ta kak saldonya?... Dan apakah sudah ga kepotong lagi perbulannya?
Hapusyg bodoh bgt ya org² yg hari gini msh aja percaya dgn asuransi jiwa & semacamnya selain milik pemerintah (askes), logikanya emangnya km pikir perusahaan² asuransi swasta tsb dpt uang untuk operasional - promosi sana sini - gaji2 ribuan pegawai & sales - sewa gedung untuk kantor dpt drmn kalau nggak dr ruwet memutarkan uang nasabah (gali lubang sana tutup lubang sini & begitu seterusnya), mungkin ada bbrp org yg msh aja nekad bilang asuransi jiwa itu berguna ya tinggal tunggu waktu saja krn org² tsb blm waktunya untuk kena getahnya
BalasHapusSaya sudah ngajukan pembatalan/pemberhentian sebelum tempo 14..dan sudah dinyatakan asuransi dibatalkan. Tapi kenapa sehabis itu malah saldo saya berkurang.. Padahal sudah dinyatakan berhenti..kenapa?
BalasHapusApakah bener saldo akan dikembalikan,jika melakukan pemberhentian sebelum tempo 14 hari?. Mohon komentarnya
BalasHapusjadi gimana mas sekarang? aku mau berhentikan asuransi nya, ku telpon kan, ehh malah pas dengar kalimat berhentikan asuransi, di matikan telpon ku, pulsa habis gin inih, kesalll
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusLapor kalo belum 14 hari tapi udah ganti bulan apakah tetap akan dipotong? Pencerahannya dong
BalasHapus